Minggu, 20 Oktober 2019 | 00:58 WIB
Gubernur Olly Minta BPR Dukung Pariwisata Sulut
Sabtu, 13 Juli 2019 | 16:13 WIB
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey - [dok.skalanews]

Skalanews - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengharapkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mampu mendukung sektor pariwisata dalam mendorong perekonomian daerah tersebut.

"Banyak peluang pasar yang bisa dimanfaatkan BPR dalam mendukung sektor pariwisata," kata Olly dalam perayaan Hari BPR-BPRS di Manado, Jumat (12/7).

Dia mengatakan banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terlibat langsung dengan sektor pariwisata dan harus mendapatkan bantuan pembiayaan.

"Kalau UMKM yang kecil-kecil tidak perlu pembiayaan dari bank umum yang besar, BPR sudah cukup," kata Olly sebelum membuka acara jalan santai memperingati Hari BPR-BPRS tersebut.

Ia mengatakan selain UMKM, katanya, pemerintah akan memfasilitasi penginapan (homestay) yang nantinya bisa menjadi penginapan bagi para wisatawan, namun akan lebih baik ketika BPR juga masuk di dalamnya.

"Jadi saya berharap BPR harus berperan penting dalam sektor pariwisata khususnya di pelosok desa, yang memang menjadi wilayah kerja BPR," jelasnya.

Apalagi, katanya, kunjungan wisman di Sulut sangat banyak saat ini, dan harus dimanfaatkan dengan baik.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sulutgomalut Slamet Wibowo mengatakan pihaknya akan tetap mendorong agar BPR di Sulut semakin baik dan berkualitas.

"Bukan saatnya lagi saling bersaing, namun sinergitas itu sangat penting, dalam meningkatkan kinerja perbankan itu sendiri," jelasnya.

Ketua Perbarindo Sulutgo Denny Senduk mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat di Sulut.

"Kami berharap masyarakat dan pelaku usaha semakin mengenal BPR, sehingga pembiayaan juga mampu menjangkau UMKM di pedesaan sekalipun," katanya.

Karena, katanya, sudah menjadi visi dan misi BPR sejak diluncurkan untuk menjangkau hingga pelosok desa.

Ketua Panitia Hari BPR-BPRS Nasional di Manado, Vicky Palit mengatakan kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, dan kegiatan pusat di Bali.

"Rangkaian perayaan Hari BPR-BPRS Nasional di Manado selain funwalk, zumba dan pemberian hadiah menarik sampai kendaraan beroda dua," katanya. [antara/bus]


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar