Senin, 18 November 2019 | 06:13 WIB
Barcelona Meresmikan Patung Johan Cruyff
Selasa, 27 Agustus 2019 | 15:38 WIB
Barcelona Meresmikan Patung Johan Cruyff - [ist]

Skalanews - Barcelona meresmikan sebuah patung untuk menghormati sang legenda, Johan Cruyff, di luar Camp Nou, Senin (26/8) waktu setempat.

Acara peresmian dihariri presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan jajaran direksi, mulai dari Jordi Cardoner, Jordi Moix, hingga Enrique Tombas.

Sementara dari pihak keluarga Cruyff hadir sang istri, Danny Cruyff, serta kedua buah hatinya, yakni Susila Cruyff dan Jordi Cruyff.

Sejumlah tamu undangan lain yang turut hadir. Merea antara lain eks pemain Barcelona Carles Puyol, Sergi Barjuan, Albert Ferrer, hingga presiden wilayah Catalonia dan konsulat Belanda di Barcelona.

Seperti dilansir situs resmi Barcelona, patung Johan Cruyff yang terbuat dari perunggu ini terletak di pintu masuk utama dari Camp Nou, dekat dengan patung legenda Barca lainnya, Laszlo Kubala. Patung ini memperlihatkan pose Cruyff ketika masih bermain di era 1970-an yang menjadi salah satu pose paling ikonik dari sosok asal Belanda tersebut.

Patung yang memiliki tinggi 3,5 meter dan berat 1500 kilogram ini dibuat selama beberapa bulan oleh pemahat asal Belanda, Corry Ammerlan van Niekerk. Selain Cruyff, Van Niekerk juga pernah membuat patung legenda sepak bola Belanda lainnya, seperti Frank Rijkaard dan Rinus Michels.

Johan Cruyff dianggap sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. Setelah sukses bersama Ajax Amsterdam, pada 1973 silam Cruyff pindah ke Barcelona. Sebagai pemain, Cruyff memang tak terlalu sukses di Barcelona dari sisi raihan trofi.

Tercatat Cruyff hanya mempersembahkan satu trofi La Liga dan Copa del Rey. Tapi, nama Cruyff harum ketika menjadi pelatih Barcelona pada periode 1988 hingga 1996 silam. Ia sukses mengantar Blaugrana meraih sederet trofi, mulai dari empat gelar La Liga, satu Copa del Rey, hingga satu gelar Piala Champions. [day]


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar