Jumat, 23 Agustus 2019 | 09:22 WIB
Internasional
Badai Pulih, Produksi Industri AS Naik Oktober
Jumat, 17 November 2017 | 10:11 WIB
ilustrasi -

Skalanews - Produksi industri Amerika Serikat pada Oktober naik pada laju tercepat dalam enam bulan, karena gangguan terkait badai sudah pulih, Federal Reserve AS mengatakan pada Kamis (16/11).

Produksi industri, sebuah indikator produksi manufaktur, tambang dan utilitas, naik 0,9 persen pada Oktober dari bulan sebelumnya, laju tercepat sejak April, menurut the Fed.

"Kegiatan industri meningkat pada Oktober dengan normalnya kembali operasi setelah Badai Harvey dan Irma menekan produksi pada Agustus dan September," kata Fed dalam sebuah pernyataan.

Pada Oktober, produksi manufaktur, komponen terbesar dari keseluruhan produksi industri, naik 1,3 persen dan hasil utilitas naik dua persen. Namun, hasil pertambangan turun 1,3 persen pada bulan lalu karena "Badai Nate menyebabkan penurunan tajam dalam pengeboran minyak dan gas bumi serta ekstraksi."

Tidak termasuk dampak badai, produksi industri naik 0,3 persen pada Oktober, dengan produksi manufaktur naik 0,2 persen, kata the Fed. Selama 12 bulan terakhir, total produksi industri Amerika Serikat telah meningkat 2,9 persen.

Data produksi industri yang positif menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat kemungkinan akan tetap kuat pada kuartal keempat tahun ini.

Perekonomian Amerika Serikat berkembang pada tingkat tahunan tiga persen pada kuartal ketiga tahun ini, menurut Departemen Perdagangan. (bus/antara/xinhua)