Rabu, 17 Januari 2018 | 06:30 WIB
Internasional
Place Vendom Situs Favorit Perampokan
Kamis, 11 Januari 2018 | 13:40 WIB
Place Vendom - [freemages]

Skalanews - Place Vendome, dengan jendela mewah yang memajangkan intan permata dan jam tangan mewah, telah menjadi tempat terjadinya perampokan-perampokan paling berani yang terjadi di siang bolong.

Maling bersenjata melancarkan perampokan spektakuler di Hotel Ritz Paris yang terletak di Lapangan Place Vendom yang terkenal di dunia, Rabu waktu setempat, untuk menggondol rangkaian permata senilai empat juta euro (Rp64,2 miliar).

Keamanan sebenarnya sudah diperketat di sudut wilayah Paris yang juga menjadi daerah beradanya kantor kementerian kehakiman Prancis itu pada 2014 setelah beberapa perampokan nekad terjadi di Place Vendome yang membuat permata senilai antara 420 ribu sampai dua juta euro raib dibobol maling.

Namun perampok kembali beraksi pada Maret 2016 ketika permata senilai enam juta euro (Rp96 miliar) dicuri dari butik mewah pengusung brand Chopard oleh para perampok yang mengancam para pekerja butik ini dengan senjata dan granat. Tiga orang didakwa atas kaitan dengan perampokan itu.

Perampokan permata terkenal terakhir yang terjadi di ibu kota Prancis terjadi pada Oktober 2016 yang menimpa bintang reality-show asal Amerika Serikat, Kim Kardashian.

Lima orang, beberapa di antara mereka mengenakan jaket polisi, menodongkan senjata ke arah Kardashian, untuk menggondol perhiasan emas dan permata selain cincin berlian yang total ditaksir bernilai sembilan juta euro (Rp144,3 miliar).

Salah seorang perampok yang kabur dari tempat kejadian perkara dengan bersepeda, tak sengaja menjatuhkan intan senilai 30 ribu euro (Rp481 juta) yang kemudian ditemukan seorang pejalan kaki beberapa jam setelah perampokan.  Intan yang jatuh tak sengaja itu adalah satu-satunya barang rampokan yang kembali ke pemiliknya.

Hotel Ritz Paris dibuka kepada pada 2016 setelah empat tahun direnovasi akibat kebakaran hebat.

Hotel itu dibangun oleh pengusaha Swiss Cesar Ritz pada 1898 dan terkenal karena menjadi pilihan Charlie Chaplin, Coco Chanel dan Ernest Hemingway yang namanya diabadikan dalam bar hotel itu.

Dalam era mutakhir, Hotel Ritz menjadi tempat terkenal karena mendiang Putri Diana dari Inggris menghabiskan jam-jam terakhir dalam hidupnya di sini sebelum nyawanya direnggut oleh kecelakaan mobil di sebuah terowongan jalan di ibu kota Paris selagi diburu paparazzi, demikian AFP.(antara/dbs)