Sabtu, 18 Januari 2020 | 01:18 WIB
Korupsi
Patrice Rio Capella Siap Hadapi Sidang Perdana
Senin, 9 November 2015 | 11:35 WIB
Patrice Rio Capella - [Deni Hardimansyah/Skalanews]

Skalanews - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Patrice Rio Capella, mengaku siap menjalani sidang perdananya terkait dengan kasus dugaan penerimaan suap penanganan kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Kejaksaan Tinggi Sumut dan Kejaksaan Agung.

"Saya siap mendengarkan dakwaan," ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (9/11).

Patrice yang tiba sekitar pukul 09.00 WIB enggan berkomentar banyak akan kasus yang menjeratnya. "Nanti yah usah persidangan saya akan bicara," ujarnya.

Hingga pukul 11.16 WIB, persidangan Patrice belum juga digelar. Pasalnya, Majelis Hakim masih mengelar sidang perkara dugaan korupsi program siap siar TVRI.

Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini Patrice akan menjalani sidang perdananya. Menurut kuasa hukum Patrice, Maqdir Ismail, pihaknya tidak memiliki persiapan khusus.

"Tidak ada persiapan khusus untuk besok, kami hanya akan mendengarkan surat dakwaan dibacakan, dan siap untuk pemeriksaan perkara," kata Maqdir Ismail melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Minggu (8/11).

Rio Capella menjadi tersangka kasus suap kepada anggota DPR terkait penyelidikan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan Kejaksaan Agung.

Dalam kasus ini, Rio Capella diduga menerima uang Rp200 juta dari Evy Susanti untuk mengamankan perkara suaminya, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho yang mendapatkan status tersangka dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam perkara dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos), Bantuan Daerah Bawahan (BDB), Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH) dan Penyertaan Modal pada sejumlah BUMD.

Uang diberikan oleh seorang perantara yang merupakan teman satu kampus Rio Capella, Fransisca Insani Rahesti alias Sisca yang pernah bekerja di kantor hukum OC Kaligis and associates.

Patrice Rio Capella disangkakan pasal 12 huruf a, huruf b atau pasal 11 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sedangkan kepada Gatot dan Evy yang juga menajdi tersangka dalam kasus yang sama disangkakan pasal 5 ayat 1 huruf a, hurug b atau pasal 13 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Bisma Rizal/Bus)