Sabtu, 18 Agustus 2018 | 11:23 WIB
Korupsi
Sidang Perdana di PN Tipikor
Patrice Rio Capella Didakwa Terima Uang Rp200 Juta
Senin, 9 November 2015 | 13:36 WIB
-

Skalanews - Mantan Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella, didakwa Jaksa KPK menerima uang dari Gubernur Sumatera Utara (Sumut) nonaktif, Gatot Pujo Nugroho dan istri mudanya, Evy Susanti sebesar Rp200 juta sebagai imbalan atas upaya Rio Capella mengamankan Gatot Pujo terkait penyelidikan perkara dugaan korupsi dana bansos di Kejaksaan Agung.

"Terdakwa Patrice Rio Capella selaku anggota DPR periode 2014-2019, menerima hadiah atau janji yaitu berupa uang sebesar Rp200 juta dari Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti melalui Fransisca Insani Rahesti," ujar Jaksa Penuntut Umum pada KPK Yudi Kristiana membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (9/11).

Jaksa Yudi menuturkan, bahwa Patrice sengaja membantu Gatot Pujo yang terseret dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos), Bantuan Daerah Bawahan (BDB), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH), dan Penyertaan Modal pada sejumlah BUMD pada Pemprov Sumatera Utara yang ditangani Kejaksaan Agung.

"Terdakwa mengetahui uang tersebut diberikan karena terdakwa selaku anggota DPR yang duduk di Komisi III mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap mitra kerjanya antara lain Kejaksaan Agung dan sebagai Sekretaris Jenderal Partai NasDem untuk memfasilitasi islah (perdamaian) agar memudahkan pengurusan penghentian penyelidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi," tegas Jaksa Yudi.

Diawali dari pertemuan Gatot dengan Patrice di Resto Edogin Hotel Mulia Senayan, pada awal April 2015. Gatot pun menyampaikan adanya politisasi dalam pelaporan dugaan tindak pidana korupsi ke Kejaksaan Agung.

"Atas permasalahan Gatot Pujo Nugroho tersebut, terdakwa mengatakan 'ya. Wagub itu kan orang baru di partai, gak bener Wagub ni," sambung Jaksa Yudi.

Kemudian, terkait permintaan uang ke Gatot, ketika Patrice berkomunikasi dengan Fransisca Insani Rahesti yang merupakan pegawai magang OC Kaligis melalui aplikasi WhatsApp. Patrice menyebutkan: "Minta ketemu ketemu terus, aku kan sibuk jadi harus menyisihkan waktu, ketemu terus memangnya kegiatan sosial, tetapi jangan sampai mereka pikir aku yang minta lho sis," ujar Rio dalam percakapannya.