Sabtu, 18 Januari 2020 | 02:58 WIB
Korupsi
Jaksa: Proses Islah Untuk Hentikan Kasus Bansos di Kejagung
Senin, 9 November 2015 | 15:04 WIB
Patrice Rio Capella - [Deni Hardimansyah/Skalanews]

Dimana, ketika itu istri Gatot, Evy Susanti datang ke kantor OC Kaligis bahwa suaminya dilaporkan korupsi dana Bansos oleh Teuku Erry. "Kemudian Yulius Irawan atau Iwan menyebutkan perlu adanya bantuan dengan pendekatan partai dengan cara islah," ungkap Jaksa Yudi.

Seperti diketahui, Patrice diduga menerima uang Rp200 juta dari Evy Susanti untuk mengamankan perkara suaminya, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho yang mendapatkan status tersangka dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam perkara dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos), Bantuan Daerah Bawahan (BDB), Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH) dan Penyertaan Modal pada sejumlah BUMD.

Uang diberikan oleh seorang perantara yang merupakan teman satu kampus Patrice Rio Capella, Fransisca Insani Rahesti alias Sisca yang pernah bekerja di kantor hukum OC Kaligis and associates.

Patrice Rio Capella disangkakan Pasal 12 huruf a, huruf b atau Pasal 11 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sedangkan kepada Gatot dan Evy yang juga menjadi tersangka dalam kasus yang sama disangkakan Pasal 5 ayat 1 huruf a, huruf b atau Pasal 13 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Bisma Rizal/bus).