Rabu, 26 Februari 2020 | 21:04 WIB
Korupsi
Kejagung Periksa 4 Pejabat Pemprov Sumut
Kamis, 12 November 2015 | 00:25 WIB
Gedung Pidsus Kejagung - [deni hardimansyah/skalanews]

Skalanews - Tak hanya memeriksa Gubernur Sumatera Utara nonaktif Gatot Pujo Nugroho di gedung KPK, penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung hari ini juga memeriksa sejumlah empat pejabat Pemerintahan Provinsi Sumut di Kejagung.

Pemeriksaan ini terkait dengan kasus dugaan korupsi dana hibah dan Bantuan Sosial (Bansos) di Pemprov Sumut yang menjerat Gatot serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Sumut Eddy Sofyan sebagai tersangka.

"‎Hari ini di Kejagung juga periksa empat orang saksi, jadi ini terpisah dengan pemeriksaan Gatot di KPK," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Amir Yanto di kantornya, Rabu (11/11)

Empat saksi yang diperiksa yakni Ibnu Sri Hutomo selaku Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Pemprov Sumut, Hj. Nurlela selaku Kepala Biro Umum Pemprov Sumut, Safrudin selaku Kepala Biro Perlengkapan Pemprov Sumut dan‎ Suherman selaku Kepala BKD.

"Pemeriksaan mengenai kronologis dari proses dan mekanisme dari perencanaan hingga penyusunan anggaran daerah khususnya pada kebutuhan dana hibah dan Bansos untuk diwujudkan pada tahun anggaran 2012-2013, mengingat para saksi masuk di dalam Tim Anggaran," rinci Amir.

Sementara itu di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, disambung Amir Yanto, penyidik juga akan memeriksa sebanyak 7 orang saksi.

"Untuk percepatan proses penyidikan, tujuh orang yang akan diperiksa oleh penyidik di Kejati Sumut," imbuh Amir Yanto. (frida astuti/bus)