Kamis, 21 November 2019 | 05:51 WIB
Korupsi
KPK Panggil Menteri ESDM untuk Suap Dewie Yasin Limpo
Jumat, 13 November 2015 | 11:46 WIB
Menteri ESDM, Sudirman Said - [ist]

Skalanews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dijadwalkan oleh penyidik KPK untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan suap usulan pembahasan anggaran proyek Pembangkit Listrik Micro Hydro di Kabupaten Deiyai, Papua.

Sudirman akan menjadi saksi bagi Sekretaris Pribadi Anggota Komisi VII DPR Dewie Yasin Limpo, Rinelda Bandaso, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RB," ujar Plh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Jumat (12/11).

Namun, berdasarkan pantauan di lokasi hingga pukul 10:46 WIB, Sudirman belum juga hadir.

Sebelumnya, Dewie yang merupakan adik kandung Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo melalui kuasa hukumnya, Samuel Hendrik, mengakui telah menyerahkan proposal pembangunan pembangkit listrik Dieyai yang diterima Dewie dari Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Dieyai, Irenius Adii di ruang rapat Komisi VII.

Dewie sendiri dalam rapat dengan Sudirman pernah mengucapkan bahwa dirinya telah menitipkan sesuatu yang berkaitan dengan keluhan masyarakat Deiyai yang tidak memiliki fasilitas listrik.

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP mengatakan penyidik lembaga antirasuah memerlukan keterangan dari 'anak buah' Presiden Joko Widodo itu lantaran penganggaran proyek di Indonesia Timur itu mengambil pos anggaran Kementerian ESDM.