Selasa, 18 Februari 2020 | 02:57 WIB
Korupsi
Pimpinan KPK Tegaskan Audit Petral Masuk Penyelidikan
Kamis, 26 November 2015 | 18:53 WIB
-

Skalanews - Plt Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji menyatakan pihaknya sudah meningkatkan hasil telaah audit forensik PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) ke proses penyelidikan.

"(Audit Petral) Sudah lidik, tetapi belum bisa disampaikan, kan risikonya akan jadi besar pada tahap ini," ujar Indriyanto saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Kamis (26/11).

Atas dasar itulah ia enggan menjawab ketika ditanya apakah pihaknya akan memanggil para petinggi Petral termasuk pihak pemasok minyak mentah ke Petral.

Seperti diketahui, Audit forensik terhadap Petral meliputi keuangan selama periode 2012-2015. Proses itu dilaksanakan auditor independen asal Australia, KordaMentha di bawah supervisi Satuan Pengawas Internal Pertamina.

Ada tiga kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan terhadap Petral, yakni, kajian mendalam (due dilligence) terhadap aspek keuangan dan pajak yang dilakukan EY serta legal oleh HSF dan wind-down process berupa inovasi kontrak, settlement utang piutang dan pemindahan aset kepada Pertamina.

Diantara temuan auditor tersebut, antara lain ketidakefisienan rantai suplai berupa mahalnya harga crude oil dan produk yang dipengaruhi kebijakan Petral dalam proses pengadaan, pengaturan tender MOGAS, kelemahan pengendalian HPS, kebocoran informasi tender, dan pengaruh pihak eksternal. (Bisma Rizal/bus)