Rabu, 26 Februari 2020 | 05:52 WIB
Korupsi
KPK Bawa Bupati Lampung Tengah Mustafa ke Jakarta
Jumat, 16 Februari 2018 | 08:30 WIB
-

Skalanews - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyebutkan, jika pihaknya ikut mengamankan Bupati Lampung Tengah Mustafa yang merupakan bagian dari operasi tangkap tangan yang dilakukan di Jakarta dan Lampung.

Sebagaimana, pada Rabu (14/2) dan Kamis (15/2) KPK berhasil mengamankan 19 orang, dan lima di antaranya merupakan anggota DPRD Lampung Tengah, delapan dari pejabat maupun pegawai Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, dan satu orang dari pihak swasta.

Dalam operasi senyap yang dilakukan Kamis malam, tim KPK juga turut mengamankan uang sekitar Rp1 miliar, yang terdiri dalam pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu.

"Hari ini sekitar pukul 15.00 WIB di Bandar Lampung, KPK amankan ajudan bupati. Pukul 18.20 WIB Bupati Lampung Tengah sudah bersama tim. Malam ini dibawa ke kantor KPK," kata Laode Syarif saat jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (15/2).

Syarif menyebutkan, dari kemarin pihaknya telah memeriksa Mustafa di Mapolda Lampung. Karena, diduga mengetahui soal suap  persetujuan yang dibutuhkan pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam upaya mendapatkan persetujuan itu pihak Pemkab Lampung Tengah memberikan uang kepada sejumlah anggota DPRD.

Para pihak yang ditangkap semalam kini masih menjalani pemeriksaan intensif. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut. (Bisma Rizal/bus)