Kamis, 23 Mei 2019 | 02:31 WIB
Korupsi
Hari Ini, KPK Periksa Deddy Mizwar Untuk Kasus Meikarta
Rabu, 12 Desember 2018 | 06:30 WIB
Deddy Mizwar - [ist]

Skalanews - KPK menjadwalkan pemeriksaan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar pada Rabu (12/12) ini.

Menurut Juru Bica ra KPK Febri Diansyah bahwa Deddy akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pada proses perizinan proyek pembangunan Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Untuk jadwal besok itu mantan wakil gubernur (Deddy Mizwar)," kata Febri saat ditemui wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (11/12).

Tetapi, Febri tidak dapat menjelaskan, apa saja yang akan digali dari keterangan Deddy. "Lebih baik besok saja, karena pemeriksaan kan belum dilakukan," kata dia.

Namun, berdasarkan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat di Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat, Febri mengungkapkan, pihaknya mendalami bagaimana proses rekomendasi perizinan Meikarta.

"Tentu saja kami memandang perlu memeriksa kepala daerahnya, baik itu mantan gubernur ataupun mantan wakil gubernur perlu kami lakukan pemeriksaan dalam kasus ini," kata dia.

KPK telah menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin dan petinggi Lippo Group Billy Sindoro sebagai tersangka. Selain itu, KPK juga menetapkan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Bekasi Neneng Rahmi sebagai tersangka.

Kemudian, KPK juga menetapkan tiga kepala dinas sebagai tersangka. (Bisma Rizal/bus)