Sabtu, 23 Februari 2019 | 10:17 WIB
Korupsi
KPK Jadwalkan Pemeriksaan Irjen Kemenpora
Selasa, 8 Januari 2019 | 15:16 WIB
-

Skalanews - KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Inspektorat Jenderal Kemenpora, Pangestu Adi W terkait kasus dugaan suap penyaluran bantuan dari Pemerintah melalui Kemenpora ke KONI Tahun Anggaran 2018.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, keterangan Pangestu akan menjadi bahan pemberkasan Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy.

"Yang bersangkutan diperiksa untuk tersangka EFH," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Selasa (8/1).

Selain Pangestu, Febri juga menyebutkan, pihaknya juga memanggil Staf Bidang Perencana KONI, Suradi untuk tersangka Staf Kemenpora, Eko Triyanto (ET).

Sebelumnya, KPK menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi penyaluran bantuan dari pemerintah melalui Kemenpora kepada KONI.

Lima orang itu antara lain, Deputi IV Kemenpora Mulyana (MUL), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kemenpora Adhi Purnomo (AP), Staf Kemenpora Eko Triyanto (ET), Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy (EFH), dan Bendahara Umum KONI Jhony E. Awuy (JEA).

Adhi Purnomo dan Eko Triyanto diduga menerima pemberian sekurang-kurangnya Rp318 juta dari pengurus KONI. Selain itu, Mulyana juga menerima Rp100 juta melalui ATM.

Mulyana sebelumnya sudah menerima suap lain dari pejabat KONI, yakni 1 unit Toyota Fortuner, 1 unit Samsung Galaxy Note 9, dan uang Rp300 juta dari Jhony.(Bisma Rizal/dbs)