Kamis, 20 Juni 2019 | 06:05 WIB
Korupsi
Pengawas Tirta Jasa II Akui 2 Tersangka Korupsi Ada di Satu Yayasan
Selasa, 26 Maret 2019 | 10:17 WIB
Perum Tirta Jasa II -

Skalanews - Ketua Dewan Pengawas PT Tirta Jasa II Bejo Sujanto akui antara mantan Dirut Perum Jasa Tirta (PJT) II Djoko Saputro dan seorang swasta bernama Andririni Yaktiningsasi sama-sama menjadi pengurus yayasan Alfitroh An-Nabawiyah di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

"Saya dengar sih seperti itu tetapi tadi (dipemeriksaan penyidik KPK) tidak dikonfirmasi," ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (25/3) malam.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebutkan, pihaknya akan menelusuri yayasan tersebut dalam perkara dugaan korupsi yang ditaksir merugikan keuangan negara sekitar Rp 3,6 miliar itu.

"Tentu yayasan yang kami lihat ini, telusuri ini, diduga ada kaitannya dengan pokok perkara," kata Febri di Gedung, Jakarta, Jumat (8/3).

Berdasar informasi, Djoko Saputra dan Andririni Yaktiningsasi duduk sebagai pembina di yayasan tersebut.

Febri pun menyebutkan, tim penyidik KPK telah memeriksa sejumlah saksi yang berkaitan dengan yayasan tersebut. Diantaranya seorang notaris.

"Memang ada saksi-saksi yang kami periksa untuk mendalami proses pendirian dan pengurusan yayasan. Penyidik mendalami pengetahuan saksi sebagai notaris tentang yayasan yang terkait dengan tersangka AY (Andririni Yaktiningsasi)," kata Febri.

Selain itu, kedua tersangka juga diduga memanfaatkan seorang mahasiswi bernama Lintang Kinantia Ayuningtias dan Dirut PT Dua Ribu Satu Pangripta, Andrian Tejakusuma.

Dari Lintang yang merupakan seorang mahasiswi, penyidik mendalami dugaan aliran dana terkait korupsi tersebut.

Sedangkan dari Andrian Tejakusuma yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Jawa Barat, penyidik mendalami proses pengadaan dan pekerjaan yang dilakukan oleh konsultan SDM dalam pengadaan pekerjaan jasa konsultansi di Perum Jasa Tirta II Tahun 2017. (Bisma Rizal/bus)