Sabtu, 20 Juli 2019 | 06:13 WIB
Korupsi
KPK Pastikan Telusuri Sumber Uang Bowo Sidik
Kamis, 11 April 2019 | 12:24 WIB
-

Skalanews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menelusuri sumber-sumber uang milik politikus Golkar Bowo Sidik Pangarso.

Diketahui kubu Bowo Sidik mengaku 400 ribu amplop dengan nilai sekitar Rp8 Miliar didapat dari berbagai sumber termasuk 'saweran' dari seseorang menteri dan juga dari hasil suap dan gratifikasi.

"Tentu kami akan telusuri lebih lanjut informasi-informasi yang relevan terkait dengan sumber dana dari sekitar Rp8 miliar tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Selain sumber uang, KPK juga akan menelusuri cara Bowo Sidik menukarkan Rp8 miliar menjadi  pecahan Rp50 ribu sampai Rp20 ribu yang kemudian dimasukkan dalam amplop putih.

Uang tersebut diketahui akan dipakai Bowo Sidik untuk 'Serangan Fajar' di Pemilu 2019. Bowo Sidik merupakan calon legislatif di Dapil II Jawa Tengah.

"Kami juga proses penukarannya dan juga kasus kasus yang diduga merupakan penerimaan suap dan gratifikasi oleh BSP," pungkasnya.

Diketahui Bowo Sidik sudah menjadi tersangka karena diduga meminta fee kepada PT Humpuss Transportasi Kimia atas biaya angkut yang diterima sejumlah USD2 per metric ton. Diduga, Bowo Sidik telah menerima enam kali hadiah atau suap dari PT Humpuss.(Frida Astuti/dbs)