Rabu, 17 Juli 2019 | 04:03 WIB
Korupsi
Kasus Suap Sofyan Basir, KPK Periksa Setya Novanto
Selasa, 14 Mei 2019 | 11:07 WIB
-

Skalanews -Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan memeriksa
terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto atau Setnov dalam kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama PLTU Riau-1.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkasa penyidikan atas tersangka Direktur Utama (Dirut) non-aktif PT. PLN Sofyan Basir.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SFB (Sofyan Basir)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa (14/5).

Dalam kasus ini diketahui Setya Novanto juga pernah diperiksa sebagai saksi untuk tersangka anggota Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih dan pemegang saham PT Blackgold Natural Resources Johannes B Kotjo.

Sofyan Basir merupakan tersangka keempat dalam kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama PLTU Riau-1.

Sebelumnya, KPK telah lebih dulu menjerat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih, Pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johanes Budisutrisno Kotjo, serta Sekjen Golkar, Idrus Marham.

Terhadap Eni, Kotjo, dan Idrus telah divonis bersalah dalam perkara tersebut. Sedangkan Sofyan Basir belum dilakukan penahanan pasca-ditetapkan sebagai tersangka.

Sofyan diduga bersama-sama atau membantu Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham menerima suap dari Johannes B. Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. KPK menduga Sofyan dijanjikan mendapat fee yang sama besar dengan Eni dan Idrus Marham. (Frida Astuti/Bus)