Senin, 22 Juli 2019 | 10:37 WIB
Korupsi
KPK Terima Laporan Dugaan Korupsi Pemilihan Rektor di Perguruan Tinggi
Rabu, 15 Mei 2019 | 13:16 WIB
-

Skalanews - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarief mengaku pihaknya menerima banyak laporan terkait dugaan korupsi pada sistem pemilihan rektor di sejumlah perguruan tinggi.

"Banyak mendapatkan laporan bahwa sistem pemilihan rektor itu mempunyai potensi-potensi korupsi seperti itu," kata Syarief di Gedung KPK lama, Kavling C1, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

Dipaparkan Syarief, dugaan korupsi dalam sistem pemilihan rektor di perguruan tinggi tersebut terjadi baik di bawah naungan Kementeriaan Agama (Kemenag) maupun Kementeriaan Riset, Tekhnologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

"Jadi karena ada kalau di Kemendikti itu kan ada kuota yang diberikan kepada Menteri itu kan suaranya berapa persen 30 persen itu biasanya bisa disalahgunakan," sambungnya.

Tak dirinci lebih lanjut oleh Syarief laporan yang diterima pihaknnya tersebut, namun yang pasti, sambung Syarief, pihaknya akan menindaklanjuti. ‎"Ya itu ditindaklanjuti,"pungkasnya. (Frida Astuti/Bus)