Senin, 18 November 2019 | 21:52 WIB
Korupsi
KPK Panggil Pejabat KKP dan Kemendag Terkait Suap Kuota Impor Ikan
Kamis, 7 November 2019 | 11:25 WIB
-

Skalanews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Logistik PDSKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Prayudi Budi Utomo dan Kasubdit Barang Konsumsi Direktorat Impor Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Karsan.

Keduanya dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap kuota impor ikan tahun 2019, untuk melengkapi berkas penyidikan ‎tersangka Mujib Mustofa (MMU).

"Keduanya diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi ‎untuk tersangka MMU," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Kamis (7/11).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda (RSU) dan Direktur PT Navy Arsa Sejahtera, Mujib Mustofa (MMU), sebagai tersangka suap pengurusan impor ikan tahun 2019.

Penyidik menemukan adanya dugaan alokasi fee Rp1.300 untuk setiap kilogram Frozen Pacific Mackarel yang diimpor ke Indonesia.

Dalam perkara ini Risyanto diduga telah menerima uang sebanyak USD30 ribu untuk keperluan pribadinya dari Mujib Mustofa. (Frida Astuti/Bus)