Senin, 16 Desember 2019 | 09:29 WIB
Korupsi
KPK Sebut Akan Terbitkan SP3 untuk 4 Kasus
Rabu, 27 November 2019 | 17:02 WIB
Alexander Marwata - [Deni Hardimansyah/Skalanews]

Skalanews - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengatakan pihaknya akan mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3), untuk 4 kasus.

Disambung Alexander, 4 kasus itu akan dihentikan karena tersangkanya sudah meninggal dunia. Namun tidak dirinci Alexander kasus apa saja keempatnya tersebut.

"Kalau terkait dengan berapa, yang akan kita terbitkan SP3 ini yang jelas ada 4 tersangka yang sudah meninggal itu tentu akan kami terbitkan SP3," kata Alexander saat rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR RI, Rabu (27/11).

Tak hanya itu, KPK juga mempertimbangkan para tersangka yang tidak layak untuk mengikuti persidangan agar kasusnya diterbitkan SP3.

"Tersangka yang tak layak untuk disidangkan itu juga jadi pertimbangan kami untuk menerbirkan SP3," sambungnya.

Penjelasan yang disampaikan Alexander itu merupakan jawaban ketika ditanya Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmon Junaedi Mahesa terkait berapa banyak kasus yang kemungkinan akan dihentikan oleh KPK. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 atau UU KPK yang baru.

"Jadi yang saya ini penting ada berapa banyak kasus yang akan di SP3. Ini ada relefansinya dengan UU KPK baru karena dalam UU KPK baru ada SP3 dari sekian kasus yang numpuk yang tak terselesaikan dari awal sampai sekarang adakah catatan yang layak untuk dilakukan SP3 ? misal kekurangan alat bukti," tanya Desmond sebelumnya. (Frida Astuti/Bus)