Senin, 16 Desember 2019 | 09:13 WIB
Korupsi
Kejagung Bidik Tersangka Baru Korupsi Bansos Sumsel
Jumat, 29 November 2019 | 18:44 WIB
M Adi Toegarisman - [ist]

Skalanews - Kejaksaan Agung (Kejagung) akan menetapkan tersangka baru kasus dugaan tindak pidana korupsi dana hibah dan bantuan sosial (bansos) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tahun anggaran 2013.

Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus pada Kejagung, M Adi Toegarisman mengatakan tim penyidik kini tinggal menunggu audit kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Saya hanya tinggal menunggu hasil audit BPK dan BPKP baru tersangka ditetapkan. Semuanya lagi proses," kata Adi di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (29/11).

Soal siapa tersangka baru yang akan dijadikan tersangka, Adi enggan membocorkan. "Kita kan harus menuntaskan kasus ini secara keseluruhan ya," pungkasnya.

Dalam kasus tersebut Kejagung menetapkan dua tersangka yaitu Kepala BPKAD Provinsi Sumatera Selatan Laonma Tobing dan Mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Sumatra Selatan Ikhwanuddin.

Penyidik menemukan adanya penyimpangan dalam perubahan anggaran untuk dana hibah dan bansos tersebut. Pada awalnya APBD menetapkan untuk hibah dan bansos Rp1,4 triliun, namun berubah menjadi Rp2,1 triliun.

Lalu, pada perencanaan hingga pelaporan pertanggungjawaban terdapat dugaan pemotongan dan ketidaksesuaian anggaran. (Frida Astuti/Bus)