Rabu, 29 Januari 2020 | 06:23 WIB
Korupsi
Suap Impor Ikan, KPK Panggil Empat Saksi
Rabu, 11 Desember 2019 | 11:43 WIB
Febri Diansyah - [dok.skalanews]

Skalanews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemanggilan terhadap beberapa pejabat terkait kasus suap kuota impor ikan 2019.

Yang dipanggil untuk diperiksa hari ini adalah, Arief Coentoro selaku Direktur Operasional Perum Perindo, David Son selaku Komisars PT Era Baru Abadi Makmur, Wenny Prihatin selaku Kepala Divisi Pengelolaan Aset Perum Perindo dan Subianto selaku Direktur PT Era Beru Abad Makmur.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RSU (Risyanto Suanda)," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (11/12).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda (RSU) dan Direktur PT Navy Arsa Sejahtera, Mujib Mustofa (MMU), sebagai tersangka suap pengurusan impor ikan tahun 2019.

Penyidik menemukan adanya dugaan alokasi fee Rp1.300 untuk setiap kilogram Frozen Pacific Mackarel yang diimpor ke Indonesia.

Dalam perkara ini Risyanto diduga telah menerima uang sebanyak USD30 ribu untuk keperluan pribadinya dari Mujib Mustofa. (Frida Astuti/Bus)