Jumat, 24 Januari 2020 | 06:22 WIB
Korupsi
Kejagung Tetapkan Lima Tersangka Korupsi di Jiwasraya
Selasa, 14 Januari 2020 | 22:18 WIB
Jampidsus M Adi Toegarisman - Frida Astuti

Skalanews - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di PT Jiwasraya.

Kelima orang yang ditetapkan sebagai tersangka yakni mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya, Hendrisman Rahim; mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya, Syahmirwan; mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya; Hary Prasetyo, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Heru Hidayat; dan Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro.

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Adi Toegarisman tak merinci peran masing-masing tersangka dalam kasus ini.

"Itu kan masih strategi kami, kalau nanti pada saat waktunya di mana tahapannya kita akan secara terbuka sampaikan," kata Adi di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (14/1).

Namun dipastikan Adi, penetapan kelima tersangka berdasarkan alat bukti yang cukup dan sesuai dengan aturan hukum.

"Alat buktinya kita enggak menyimpang dari KUHAP, kita mengacu KUHAP 184. Saksi kemudian surat dan sebagainya, nanti kita lihat perkembangannya. Kita masih proses ke sana," pungkasnya.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 ayat (1) huruf b UU Nomor 31 Tahun 1999 Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Kelimanya juga terbukti bersalah melanggar Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Frida Astuti/Bus)