Rabu, 26 Februari 2020 | 05:31 WIB
Korupsi
Korupsi Pengadaan Barang Jasa di Kemenag, KPK Periksa Dua Orang
Kamis, 16 Januari 2020 | 13:06 WIB
-

Skalanews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan dua orang terkait kasus pengadaan barang jasa di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) pada 2011.

Pertama adalah Wiraswasta Ahmad Maulana. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam (Pendis), Undang Sumantri yang juga tersangka dalam kasus ini.

"Yang bersangkutan akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jakarta, Kamis (16/1).

Selain Ahmad Maulana, KPK juga memeriksa Undang Sumantri dengan kapasitasnya sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Penetapan Undang Sumantri sebagai tersangka merupakan pengembangan perkara kasus proyek pengadaan Alquran dan alat laboratorium Madrasah Tsanawiyah yang menjerat tiga orang yakni Dzulkarnaen Djabar, Dendy Prasetia dan Fahd El Fouz.

Undang Sumantri selaku PPK di lingkungan Ditjen Pendis Kemenag mendapat arahan agar untuk menentukan pemenang paket-paket pengadaan pada Dirjen Pendis tersebut, sekaligus diberikan 'daftar pemilik pekerjaan'. (Frida Astuti/Bus)