Selasa, 18 Februari 2020 | 08:57 WIB
Korupsi
Kasus Suap Eks Komisioner KPU, KPK Periksa Sekjen PDIP Hasto
Jumat, 24 Januari 2020 | 10:59 WIB
-

Skalanews - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto.

Hasto akan diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan suap terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR.

Hasto sendiri sudah datang memenuhi panggilan. Dia menyatakan siap memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga negara untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi di kasus ini.

"Hari ini saya memenuhi tanggung jawab warga negara dalam menjaga marwah KPK, memenuhi undangan untuk hadir sebagai saksi," kata Hasto di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (24/1).

Tak banyak komentar yang dilontarkan Hasto. Namun dirinya memastikan akan memberikan keterangan kepada media usai diperiksa.

"Keterangan pers akan saya sampaikan setelah pemeriksaan tersebut," tutupnya.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka yakni, Komisioner KPU Wahyu Setiawan (WSE) dan mantan Anggota Bawaslu sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF). Keduanya ditetapkan sebagai tersangka penerima suap.

Sedangkan dua pihak pemberi suap yakni, Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP, Harun Masiku (HAR) dan pihak swasta, Saeful (SAE). (Frida Astuti/Bus)