Jumat, 15 November 2019 | 17:46 WIB
KPK Terima Laporan 64 Pejabat Jatim Lakukan Gratifikasi
Rabu, 11 November 2015 | 20:21 WIB
-

Skalanews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat jumlah laporan korupsi di Indonesia terbanyak ada dari masyarakat Jatim.

Berdasar data KPK Januari-September 2015 tercatat jumlah laporan dari masyarakat Jatim adanya dugaan tindak pidana korupsi mencapai 1.700 laporan. Dari jumlah tersebut ada 64 laporan gratifikasi yang dilakukan pejabat asal Jatim.

“Laporan ini tertinggi dari beberapa provinsi lain, karena beberapa provinsi hanya berkisar antara 200-500 laporan,” kata Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, di Grahadi Surabaya, Rabu (11/11).

Meski demikian, Pahala menambahkan tidak semua laporan itu ditindaklanjuti. Karena ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk laporan bisa ditindaklanjuti. "Kami punya standar, apakah laporan tersebut bisa ditindaklanjuti apa tidak," jelasnya.

Dari jumlah laporan tersebut, lanjut Pahala, lebih dari 90 persen tidak dapat diproses. “Kami harus
selektif dalam menerima laporan, karena ini menyangkut kredibilitas institusi. Dari jumlah laporan tersebut hanya sekitar 123 laporan yang bisa ditindaklanjuti,” katanya.

Dari beberapa laporan tersebut, diakuinya KPK juga melakukan sejumlah tindak lanjut atas beberapa laporan tersebut. (wahyu/bus)