Selasa, 12 November 2019 | 23:34 WIB
OJK Berencana Buka Kantor Perwakilan Manokwari-Sorong
Kamis, 21 Januari 2016 | 10:01 WIB
Ilustrasi - [ist]

Skalanews - Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Papua dan Papua Barat, Prio Anggoro mengatakan, dalam waktu dekat akan membuka kantor perwakilan OJK di Manokwari-Sorong, Provinsi Papua Barat.

"Di Papua relatif juga dilihat dari letak geografis serta potensi yang cukup bagus, ya paling tahun depan kita akan buka kantor perwakilan Manokwari pada 2017. Mungkin kalau tidak semester satu, semester dua," kata Prio, di Jayapura, Rabu (20/1).

Ia mengatakan, pada 2015 lalu, pihaknya melakukan roadshow ke Manokwari dan Sorong, Provinsi Papua Barat guna mensosialisasikan tentang jasa keuangan, serta pengaduan nasabah di daerah itu, dan masyarakat, serta para pelajar pun antusias.

"Kemarin kita sudah sosialisasi di Sorong untuk anak-anak SD, dan SMP. Itu rata-rata mereka juga antusias untuk bertanya, dan kami lihat juga sangat bagus, bahkan orang tua murid juga cukup antusias menanggapi mengenai pengaduan nasabah," jelasnya.

Menurut dia, di Manokwari cukup potensi karena adanya satu kantor pusat BPR. Sehingga pihaknya dapat melakukan pengawasan serta pemeriksaan, juga mensosialisasikan mengenai edukasi keuangan.

Ia menambahkan, dengan dibukanya kantor perwakilan di Manokwari, akan bertahap pihaknya membuka kantor perwakilan juga di wilayah kepala burung Sorong, Provinsi Papua Barat.

"Tahun depan 2017 dibuka di Manokwari. Dan secara bertahap, akan dibuka juga di Sorong. Namun fungsinya berbeda dengan Manokwari, karena di Sorong belum ada BPR kantor pusat seperti kedua wilayah tersebut.

Jadi, tambah dia, fungsinya lebih kepada edukasi dan sosialisasi, serta perlindungan konsumen karena belum dapat melakukan pemeriksaan dan pengawasan karena bank tersebut belum ada di sana. (ant/tat)