Kamis, 21 Februari 2019 | 07:17 WIB
Gorontalo Jadi Percontohan Nasional Pengelolaan Keuangan
Kamis, 9 Juni 2016 | 00:50 WIB
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie -

Skalanews - Provinsi Gorontalo akan dijadikan percontohan nasional pengelolaan keuangan daerah, karena keberhasilan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

"Sesuai dengan penyampaian pihak BPK-RI, Provinsi Gorontalo akan menjadi percontohan nasional dalam pengelolaan keuangan, ini pantas untuk diapresiasi," kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rabu (8/6).

Dijelaskanya pencapaian opini WTP seratus persen tahun ini menggambarkan secara kualitatif
pengelolaan keuangan daerah tahun 2015 sangat baik.

"Termasuk pengelolaan aset dan pendapatan daerah sudah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip 'good governance', sebagaimana diamanatkan dalam dokumen RPJMD Pemprov Gorontalo tahun 2012-2017," katanya.

Terkait penunjukan sebagai percontohan nasional itu, lanjut Rusli, pihak BPK-RI tinggal menunggu surat dari Provinsi Gorontalo dan hanya di Gorontalo yang meraih WTP seratur persen mulai dari pemerintah provinsi hingga seluruh kabupaten/kota.

"Dengan demikian, semua bisa datang ke Gorontalo untuk belajar tentang pengelolaan keuangan," katanya.

Ia menambahkan, hal ini tidak lepas dari dukungan penuh semua pihak, mulai dari legislatif, BPKP dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta yang lebih berkepentingan yaitu BPK.

"Ini senantiasa memberikan rekomendasi perbaikan atas pengelolaan keuangan pemerintah provinsi," ujarnya. [ant/mad]