Sabtu, 16 November 2019 | 09:15 WIB
Pertamina Jatim Siapkan Tambahan Avtur di Penerbangan Haji
Kamis, 11 Agustus 2016 | 05:52 WIB
Isi avtur/ilustrasi -

Skalanews - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V yang meliputi wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, menyiapkan tambahan avtur sebesar 30 persen bagi penerbangan haji.

Area Manager Communication dan Relation Pertamina MOR V Heppy Wulansari di Surabaya, Rabu (10/8) mengatakan penambahan itu sebagai komitmen Pertamina untuk memperlancar musim haji 2016.

"Pertamina selalu berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan ketersediaan pasokan Avtur selama musim haji 2016. Oleh karena itu, kami menyiapkan tambahan pasokan di atas rata-rata penyaluran normal," kata Heppy.

Ia menjelaskan, pada hari biasa Depo Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Juanda melayani total 200 penerbangan, dan dengan adanya haji terdapat tambahan penerbangan di embarkasi tersebut sekitar 2-3 pesawat per hari.

"Kami perkirakan konsumsi avtur di DPPU Juanda akan meningkat, dari awalnya 1.200 hingga 1.300 kilo liter (KL)/hari, sehingga akan kami tambahi 30 persen. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak yang melayani ibadah haji," katanya.

Heppy mengatakan, Pertamina juga menyiapkan hal yang sama di DPPU Bandara International Lombok (BIL) dengan estimasi tambahan sebesar 25 sampai 30 persen dari kebutuhan normal.

"Kami siapkan semua, baik pada fase keberangkatan maupun kepulangan. Dimana setiap hari akan ada dua hingga tiga pesawat khusus untuk angkutan haji yang dilayani di DPPU Juanda," katanya.

Sementara itu berdasarkan data di Juanda, untuk fase pemberangkatan dimulai tanggal 8 Agustus sampai 5 September 2016, sedangkan fase pemulangan pada 18 September sampai 15 Oktober 2016.

Selain itu, penerbangan haji di Juanda melayani 64 kloter yang akan memberangkatkan total 27.323 jamaah yang berasal dari seluruh Jawa Timur. (bus/ant)