Minggu, 29 Maret 2020 | 13:27 WIB
Pedagang: Perbedaan Harga Jual Cabai Ditentukan Kualitas
Minggu, 15 Januari 2017 | 11:22 WIB
ilustrasi -

Skalanews - Perbedaan harga jual cabai merah keriting di pasaran dalam Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini ditentukan oleh kualitasnya yang dijual petani.

Menurut keterangan Andi (37) salah seorang pedagang pengepul cabai merah keriting di Rejang Lebong, Sabtu (14/1) adanya ketimpangan harga jual cabai ditingkatan petani dengan pedagang pengecer beberapa waktu belakangan lantaran kualitas cabai yang dijual petani berbeda-beda.

"Harga jual cabai merah di tingkatan petani ini ditentukan oleh kualitas barang, jika kualitasnya seperti cabai merah keriting halus, sedang dan kasar," katanya.

Untuk kualitas cabai bagus atau halus saat harga cabai merah sampai Rp60.000 per kg, beberapa hari lalu para pembeli atau pedagang pengepul membelinya bisa diatas Rp50.000, dan cabai kualitas kasar disebut petani setempat cabai mulsa atau cabai lado dikisaran Rp40.000-45.000 per kg.

Adanya perbedaan harga jual di tingkatan petani dengan di tingkatan pedagang yang terjadi beberapa pekan belakangan di Rejang Lebong dibantahnya sebagai akibat adanya permainan tengkulak.

Hal ini terjadi karena harga jual ini dibedakan kualitas barang, selain itu pedagang pengecer juga mematok harga tertentu bukan untuk memperoleh keuntungan besar tetapi karena kebanyakan pembeli cabai melakukan pemilihan barang satu-persatu, akibatnya cabai yang tidak habis kualitasnya lebih buruk dan tidak bisa dijual sesuai pasaran lagi.

Sementara itu menurut Acil (37) petani cabai di Kelurahan Air Bang, Kecamatan Curup Tengah, saat ini harga jual cabai merah jenis lado ditingkatan petani setempat mengalami penurunan dari Rp35.000-40.000 menjadi Rp25.000-30.000 per kg.

"Harga jual cabai merah ini dalam sehari bisa berubah-ubah kadang naik kadang turun, harga jual ini yang menentukannya adalah pembeli. Kami tidak bisa mematok harga, kalau kemahalan nanti tidak ada yang beli," ujarnya.

Sedangkan untuk jenis cabai hijau sendiri saat ini harganya tergolong rendah untuk kualitas super dihargai pembeli berkisar Rp12.000 per kg, dan cabai hijau kualitas rendah berkisar Rp7.000 per kg.

Pantauan di Pasar Atas, Sabtu, harga jual cabai merah keriting di daerah itu mengalami penurunan dari Rp60.000 sebelumnya menjadi Rp45.000 per kg, sedangkan untuk cabai rawit masih bertahan di kisaran Rp60.000 per kg. (bus/ant)


  
  
TERPOPULER
Index +