Rabu, 22 Mei 2019 | 13:48 WIB
Pengurus NasDem Jatim Sambangi Ponpes Al Hikam
Sabtu, 17 Juni 2017 | 23:27 WIB
Ponpes Al Hikam Malang - [ist]

Skalanews - Jelang 100 hari wafatnya KH Hasyim Muzadi, pada 23 Juni nanti, pengurus DPP dan DPW Partai NasDem Jawa Timur mengunjungi Pondok Pesantren al-Hikam Kabupaten Malang, Jatim Sabtu (17/6).

Kedatangan rombongan safari ramadan yang dipimpin langsung Effendy Choirie beserta Bupati Malang Rendra Kresna itu diterima oleh istri almarhum KH Hasyim Muzadi, Muthamimah. Dalam pertemuan singkat itu, rombongan banyak bercerita mengenai kenangan sosok KH Hasyim.

"Atasnama keluarga maupun pondok, saya mengucapkan terima kasih, meski abah sudah tidak ada," kata Muthamimah menyambut rombongan.

Sosok Hasyim Muzadi dikenal sebagai ulama yang sering membawa nafas nasionalis dan pluralis. Sama seperti pendahulunya, Gus Dur, Hasyim Muzadi selalu membawa nafas anti radikalisme dan mengedepankan kerukunan antarumat beragama melalu nafas pluralisme.

Adapun yang didengungkan di akhir hayat adalah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pesan itu sering disampaikan almarhum Hasyim setelah melihat adanya pergerakan kelompok keras yang tidak setuju ideologi Pancasila. Padahal Pancasila selama ini yang mampu menjaga NKRI tetap kokoh berdiri.

"‎Bahkan beliau pernah memberikan penjelasan soal restorasi dan pemaparannya justru lebih paham daripada orang NasDem sendiri," kata Effendy Choirie selaku utusan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Sementara Rendra Kresna menilai sosok Hasyim Muzadi sebagai tokoh nasional tidak hanya bagi NU tapi untuk semua kalangan. Pesan almarhum untuk menjaga NKRI akan selalu menjadi semangat Partai NasDem yang memiliki tekad perjuangan sama.

"Kita tahu beliau beri pencerahan, nasihat, banyak terima hal positif terutama nasihat menjaga NKRI," kata Kresna. (Frida Astuti/bus)