Senin, 18 November 2019 | 11:20 WIB
Festival Danau Toba Dipusatkan di Humbang Hasundutan
Sabtu, 2 September 2017 | 22:31 WIB
Lake toba -

Skalanews - Pelaksanaan Festival Danau Toba akan dipusatkan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, berlangsung selama empat hari, 6-9 Desember 2017.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Elisa Marbun di Medan, Sabtu (2/9), mengatakan, ada dua pilihsn tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan Festival Danau Toba tersebut.

Lokasi pertama di Kecamatan Bakkara yang berlokasi di pinggiran Danau Toba sehingga pengunjung kegiatan budaya dan pariwisata itu dapat menikmati perairan danau.

Sedangkan lokasi kedua di Sipinsur yang berlokasi di atas pebukitan dengan Danau Toba sebagai latar belakang pemandangannya.

"Lokasinya lebih luas dengan latar belakangang Danau Toba," katanya.

Selain menampilkan potensi budaya dan pariwisata, penyelenggaraan Festival Danau Toba itu juga akan dimeriahkan dengan perlombaan tarian etnik yang digelar melalui kerja sama dengan Kementerian Pertahanan.

Untuk memeriahkan dan menyemarakkan Festival Danau Toba, kegiatan itu bukan hanya dipromosikan di Sumut, tetapi ke lima provinsi yang diproyeksikan.

"Lima provinsi itu nanti akan kami tentukan yang disesuaikan dengan anggaran," kata Marbun.

Sebelum penyelenggaraan Festival Danau Toba itu dimulai, terlebih dulu akan digelar "Xpedition Trail Mania" (Xtrim) yang akan melintas sejumlah alam di Humbang Hasundutan.

Dari koordinasi dengan pengurus Xtrim Sumut, ada sekitar 700 peserta yang mendaftarkan diri dalam kegiatan yang akan memeriahkan Festival Danau Toba tersebut.

"Di Humbang Hasundutan ada area yang sangat menantang untuk Xtrim. Karena itu, sudah banyak yang mendaftar," katanya.(Ant/dbs)