Kamis, 2 April 2020 | 03:27 WIB
Sekretariat Parpol Diserbu Balon Bupati-Wabup Pamekasan
Selasa, 12 September 2017 | 19:55 WIB
Pendaftaran Balon Bupati-Wabup di PPP Pamekasan - [anang adriyanto/skalanews]

Skalanews - Pilkada serentak 2018 dijadwalkan digelar medio Juni tahun depan. Di Kabupaten Pamekasan, Madura, gelora pilkada kian meriah dengan dibukanya pendaftaran bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati.

Ada PPP yang pertama membuka pendaftaran dan disusul Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Gerindra dan PAN. Sedangkan Partai Golkar, PKB, PDIP, PKS dan PBB masih berdiam diri.

Di Kabupaten Pamekasan sendiri ke-10 parpol tersebut memiliki kursi di DPRD. Sedangkan KPU Pamekasan, mengatur ambang batas perolehan kursi yang bisa mendaftarkan diri satu pasangan calon bupati-wabup minimal memiliki 9 kursi DPRD.

Ketua KPUD Pamekasan, Muhamad Hamzah mengatakan, dalam peraturannya bagi kabupaten yang memiliki komposisi kursi DPRD sebanyak 45 kursi maka minimal 9 kursi Parpol atau gabungan Parpol yang bisa mendaftarkan satu pasangan bupati-wabup.

"Minimal sembilan kursi Parpol atau gabungan Parpol yang bisa mendaftarkan satu pasangan. Dan di Pamekasan hanya partai PPP saja yang bisa mendaftar sendiri karena memilik 9 kursi. Parpol lainnya harus berkoalisi lantaran hanya memiliki dua sampai lima kursi. Sesuai pentahapan pilkada, pendaftaran resmi pasangan cabub dan cawabup baru dibuka Januari tahun depan," jelas Hamzah, Selasa (12/9).

Sebagai Parpol peraih kursi terbanyak, PPP Cabang Pamekasan paling banyak diburu peminat calon Bupati dan calon Wabup. Tercatat 9 orang peminat yang mendaftar di Kantor PPP di Jalan Bonorogo Pamekasan setelah pendaftaran ditutup pada Minggu (9/9) pekan lalu.



Dari sembilan pendaftar hanya dua orang yang tidak mengembalikan formulir. Yakni Herman Kusnadi (Kadipenduk Pamekasan) dan Jamhari (aktivis). Sedangkan ke-7 orang peminat lainnya adalah Kholilurrahman, Badrut Tamam, dan Rudi Susanto mendaftar jadi Balon Bupati.

Sedangkan Wazirul Jihad (kader PPP), Taufadi (kader PDIP), Roja'i (tokoh masyarakat) dan Mas'ud Efendi Amin (pensiunan Brigjen TNI AD) mendaftarkan jadi Balon Wabup.

Usai PPP menutup pendaftaran disusul kemudian oleh Partai NasDem. Partai yang berkantor di Jalan Trunojoyo ini didatangi Kholilurrahman. Begitupula Taufadi mendaftar ke Partai Gerindra. Sedangkan Badrut Tamam ke PAN.

Dari beberapa peminat Balon Bupati dan Wabup itu, tercatat ada yang mendaftar di Partai Demokrat. Yakni Kholilurrahman, Badrut Tamam, Alanwari, dan Taufadi.

"Untuk Demokrat kami buka pendaftaran terpusat di Kantor DPD Demokrat Jatim di Jalan Kertajaya Surabaya," kata Ismail, anggota Fraksi Demokrat DPRD Pamekasan.

Dari kandidat yang bermunculan tersebut, hanya ada dua nama yang cukup populer. Yakni Kholilurrahman yang mantan Bupati Pamekasan periode 2008-2013 serta Badrut Tamam, anggota FPKB DPRD  Jatim yang dikenal sebagai politis muda kelahiran tahun 1978. (Anang Adriyanto/bus)


  
  
TERPOPULER
Index +