Jumat, 21 September 2018 | 15:08 WIB
BTN Perkuat Dukungan Program Sejuta Rumah
Jumat, 15 Desember 2017 | 18:18 WIB
-

Skalanews - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meningkatkan status kantor cabang pembantu di Pematang Siantar menjadi kantor cabang untuk semakin menguatkan dukungan pada Program Sejuta Rumah di Sumatera Utara.

"BTN sejak awal sudah komitmen mendukung Program Sejuta Rumah pemerintah seperti di Sumut yang persentase kepemilikan rumah sendiri berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) masih 69,95 persen," ujar Dirut Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu di Pematangsiantar, Jumat (15/12).

Dia mengatakan itu pada peresmian Kantor cabang BTN Pematangsiantar.

Kantor cabang BTN Pematangsiantar itu meliputi wilayah bisnis di kawasan Sumut bagian selatan dengan membawahi jaringan kantor Bank BTN di Sibolga, Rantau Parapat, dan Kisaran.

Dengan resminya Kantor cabang Pematangsiantar, maka menambah jumlah kantor cabang Bank BTN di Sumut setelah sebelumnya hanya satu yakni BTN Kantor cabang Medan.

"Dengan diresmikannya kantor cabang Pematangsiantar, maka diharapkan akan semakin memudahkan dan mempercepat masyarakat mendapatkan layanan KPR (kredit kepemilikan rumah)," ujarnya.

Hingga November 2017, BTN Pematangsiantar sudah menyalurkan kredit sekitar Rp82 miliar dengan dana pihak ketiga (DPK) sekitar Rp260 miliar.

Sementara secara nasional, penyaluran kredit baik berskema konvensional maupun syariah sudah senilai Rp230,2 triliun untuk KPR 4,1 juta unit rumah.

Dari pencapaian tersebut, sebesar 3,08 juta unit atau lebih dari 75 persen di antaranya mengalir dalam bentuk KPR Subsidi.

Angka tersebut setara dengan nilai KPR Subsidi sebesar Rp110,45 triliun.

Sedangkan sisanya atau sebesar Rp119,76 triliun didistribusikan dalam bentuk KPR Non-Subsidi.

"Sejak awal KPR diluncurkan 41 tahun lalu dan hingga kini, BTN adalah bank yang komitmen dan konsentrasi menyalurkan KPR dan saat ini ditunjukkan dengan ditingkatkannya status BTN Pematangsiantar dan termasuk di beberapa daerah lainnya," ujarnya.

Hingga tahun 2017, Bank BTN tercatat telah memiliki 904 kantor layanan baik konvensional maupun syariah.

Didampingi Kepala cabang BTN Pematangsiantar, Agus, Nixon mengatakan, Pematangsiantar adalah kantor cabang ke -73.

Nixon menegaskan peningkatan status Kantor cabang Pematangsiantar juga mengacu pada infrastruktur di kawasan itu dan sekitarnya yang cukup pesar seperti adanya Bandara Silangit, Tol Medsn -Tebingtunggi dan pengembangan kawasan wisata Danau Toba.

"Dengan infrastruktur yang bagus, maka perekomomian akan semakin bagus yang pada akhirnya mendorong peningkatan daya beli/kredit perumahan," katanya Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah mengapresiasi status kantor BTN Pematangsiantar itu karena hal itu akan membawa dampak positif bagi pemerintah kota tersebut.

"Kalau selama ini, pengusaha harus ke Medan untuk melakukan pinjaman dan masyarakat menunggu lama akibat harus mendapat persetujuan dari kantor cabang Medan, maka dengan ditingkatkannya status, semuanya bisa menjadi mudah dan cepat," katanya.

Wali Kota Pematangsiantar itu berharap Bank BTN bisa melakukan berbagai strategi untuk menarik minat masyarakat menggunakan jasa bank tersebut.(ant/dbs)