Kamis, 21 Juni 2018 | 05:57 WIB
Pemprov Jatim Gelar Mudik Gratis Terbesar di Dunia
Rabu, 13 Juni 2018 | 04:25 WIB
Wahid Wahyudi melepas rombongan mudik gratis moda angkutan bus - [ist]

Skalanews - Kepala Dishub Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan mudik bareng gratis tahun ini, Pemda Jatim sediakan sebanyak 208.203 kursi, yang mencakup bus, kapal laut, dan kereta api. Jumlah itu menjadikan mudik gratis Jatim sebagai yang terbanyak di dunia.  

Wahid optimistis, melalui program mudik bareng gratis ini, seluruh masyarakat Jatim bisa merasakan pulang ke kampung halaman. Alasannya, jumlah armada mudik yang disiapkan sangat banyak, dan melayani berbagai rute, bahkan hingga rute di kepulauan yang terpencil.

Ia mencontohkan tahun ini disediakan 560 armada bus yang jumlah kursinya 98 persen sudah terisi.

"Tidak hanya kami saja yang menyediakan armada, tapi perusahaan-perusahaan swasta, kampus-kampus, juga ikut menggelar mudik gratis. Jadi total ada 926 armada bus yang disiapkan untuk mudik tahun ini," kata pria yang juga PJ Wali Kota Malang di sela-sela pemberangkatan mudik gratis di Surabaya, Selasa (12/6).

Selain bus, lanjut Wahid, pemerintah juga menyediakan mudik gratis dengan Kereta Api (KA). Adapun jurusannya adalah Surabaya-Kertosono, Surabaya-Kertosono-Blitar, Surabaya-Malang, Surabaya-Malang-Blitar, Sidoarjo-Bojonegoro, Malang-Banyuwangi, dan Surabaya-Banyuwangi.

Kemudian juga ada mudik gratis dengan kapal laut bagi masyarakat di kepulauan. Jika tahun-tahun kemarin hanya melayani tiga lintasan, namun tahun ini terdapat tambahan lintasan. Diantaranya, Gresik-Pulau Bawean, Surabaya-Masalembo, Pulau Kangean-Kalianget, Pulau Ra'as-Jangkar Sapudi, dan Banyuwangi-Pulau Sapeken.

"Masyarakat kepulauan juga menjadi perhatian kami, karena jika tidak disiapkan mudik gratis, mereka hanya bisa tujuh hari sekali untuk ketemu kapal. Dengan adanya program ini, masyarakat bisa bertemu kapal dalam dua hari sekali. Jadi kami yakin bisa mengakomodir semua masyarakat Jatim yang ingin berlebaran," jelasnya. (Wahyu/bus)