Jumat, 20 Juli 2018 | 02:06 WIB
KPU Pamekasan Sepi, Belum Satupun Caleg Mendaftar Pada Hari Kedua
Rabu, 11 Juli 2018 | 22:02 WIB
KPU Pamekasan - [Anang Adriyanto/skalanews]

Skalanews - Memasuki hari kedua pendaftaran caleg (calon anggota Legislatif), baik untuk DPR RI, DPRD Jatim, maupun DPRD Kabupaten Pamekasan, belum satupun yang mendaftarkan diri. KPU Pamekasan memberikan jadwal pendaftaran dari 10 Juli sampai 17 Juli 2018.

Ketua KPU Pamekasan, Moh. Hamzah, mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi jadwal pendaftaran ke seluruh kantor cabang parpol di Pamekasan. "Terakhir, sosialisasi saya laksanakan di Kantor Partai Hanura Pamekasan," jelasnya, Rabu (11/7).

Hamzah menambahkan, pihaknya kedatangan bakal calon caleg. Namun sebatas berkonsultasi soal kelengkapan persayaratan aleg. Bagi parpol yang akan mendaftarkan calegnya hanya menyerahkan dokumen persyaratan serta mengimput data ke SILON (Sistem Informasi Pencalonan).

Bagi bakal calon aleg bisa mendaftar langsung ke kantor KPU Pamekasan. Pendaftaran dibuka dari jam 08.00 hingga jam 16.00 Wib setiap jam kerja. "Kecuali di hari terakhir tanggal 17 Juli 2018 ditutup hingga pukul 12.00 siang," kata Hamzah.

Hamzah menegaskan, pihaknya sudah mempublis dan memberikan seluruh informasi terkait caleg sesuai PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) secara lengkap untuk memberikan pemahaman lebih kepada setiap parpol agar mensosialisasikan kembali kepada para kadernya yang ingin jadi legislator.

Hamzah berharap agar parpol dapat mempercepat input data di Silon dan segera mengajukan dan mendaftarkan bakal calon legislatif walaupun dengan bertahap. Hamzah menyarankan agar parpol mendaftarkan calegnya secara bertahap, sehingga tidak secara bersamaan dan berbondong-bondong jelang berakhirnya pendaftaran.

Sesuai jadwal pentahapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 akan digelar tanggal 17 April 2019. Sedangkan masa kampanye akan dimulai dari tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019.(Arif Purba/dbs)