Sabtu, 15 Desember 2018 | 02:18 WIB
Fokus Ungkap Kasus 3C, Polda Jatim Amankan 1.390 Tersangka
Sabtu, 22 September 2018 | 02:26 WIB
Irjen Pol. Luki Hermawan beberkan barang bukti dan tersangka kasus 3C dalam Operasi Sikat semeru 2018 - [ist]

Skalanews - Polda Jatim  beserta jajarannya menggelar Operasi Sikat Semeru 2018 yang digelar mulai tanggal 5 hingga 16 September 2018.

Hasilnya, diamankan tersangka sebanyak 1.390 tersangka dari ungkap kasus 1.605 kasus. Rata-rata hampir mayoritas kasus yang diungkap adalah kasus pencurian dan pemberatan (Curat), pencurian dan kekerasan (Curat), serta pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) atau istilahnya 3C.

Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan mengatakan kasus 3C merupakan kejahatan yang meresahkan masyarakat sehingga pihaknya memfokuskan pengungkapan kejahatan.

"Jaringannya berganti-ganti sehingga susah diungkap. Namun, berkat kerja keras Alhamdulillah bisa diungkap," jelasnya di Surabaya, Jumat (21/9).

Luki menambahkan jajaran yang menggelar operasi ini antaranya Polres Tanjung Perak Surabaya, Polrestabes Surabaya dan Polres Sidoarjo.

Modus pelakunya, lanjut Luki antara lain dalam menjalankan aksinya ini pelaku nekat menyakiti korbannya dengan senjata tajam.

"Beberapa pelaku juga diketahui tergabung dalam sebuah kelompok jaringan, dan sering merekrut anggota baru untuk memperluas kelompoknya," terangnya.

Sementara itu, untuk barang bukti yang berhasil diamankan antara lain sejumlah mobil, sejumlah kendaraan bermotor, senjata tajam dan uang tunai.

"Kalau dirupiahkan, keseluruhan totalnya mencapai Rp2 miliar," tandas Luki Hermawan. (Wahyu/bus)