Senin, 14 Oktober 2019 | 04:32 WIB
BI: Kaltara Berpotensi Jadi Pintu Masuk Wisman
Selasa, 25 September 2018 | 14:46 WIB
-

Skalanews - Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Utara Hendik Sudaryanto berpendapat bahwa Kaltara berpotensi menjadi pintu masuk utara bagi kunjungan wisatawan mancanegara.

Provinsi Kaltara terletak di bagian utara Indonesia berpotensi menjadi gerbang masuk wisatawan mancanagara dari Filipina, Tiongkok Hong Kong dan lain-lain, kata Hendik Sudaryanto saat memaparkan Kajian Ekonomi Kepariwisataan Regional Dalam Menumbuhkan Perekonomian Kaltara di Tarakan, Selasa (25/9).

Menurut dia, secara geografi Kaltara cukup unik dengan keunggulan pada kondisi hutan yang memiliki kekayaan flora dan fauna.

Selain itu budaya yang beragam juga memperkaya potensi keindahan alam tersebut di daerah tersebut.

Hendik mengatakan, sejumlah destinasi wisata unggulan di Kaltara yang sangat potensial dalam kategori yang beragam mulai dari desa wisata, sejarah sampai dengan dan wisata budaya.

Namun, katanya, sejumlah tantangan perlu dihadapi dalam mendorong pariwisata Kaltara yaitu dukungan infrastruktur konektivitas dan peningkatan kualitas SDM.

Hendik menegaskan, sesuai hasil simulasi riset strategi pertumbuhan yang telah dilakukan menunjukkan sektor pariwisata dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Sektor pariwisata dapat memberikan peningkatan PDRB sebesar 0,28 persen, ekspor sebesar 0,53 persen dan tenaga kerja sebesar 0,08 persen, beber dia.

"Hal ini memperlihatkan bahwa pariwisata dapat menjadi sumber pendorong PDRB bagi Kalimantan Utara," ujar Hendik.(ant/dbs)