Kamis, 14 November 2019 | 19:07 WIB
2018, Pemprov Jatim Telah Renovasi 903 RTLH di Daerah Pesisir
Rabu, 7 November 2018 | 04:36 WIB
Saifullah Yusuf menutup Program RTLH di Mako Lantamal V Surabaya - [ist]

Skalanews - Pemprov Jatim telah melakukan renovasi terhadap 903 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Jatim yang berada di wilayah pesisir.

Wagub Jatim Saifullah Yusuf mengatakan pelaksanaan kegiatan RTLH tahun 2018 tersebar di 4 rayon dengan jumlah rumah yang direnovasi sebanyak 903 unit. Kegiatan RTLH merupakan kegiatan lanjutan yang telah dimulai pada Tahun 2015-2017 sebanyak 4.450 unit RTLH dan 9 unit MCK.

"Kita tidak mungkin bisa bekerja sendiri. Pemprov Jatim membutuhkan kerja sama semua pihak, karena keterbatasan waktu, biaya dan tenaga. Tapi jika kerja sama dilakukan dengan TNI AL biaya maupun tenaganya bisa dioptimalkan bagi kesejahteraan masyarakat," jelasnya di Surabaya, Selasa (6/11).

Mantan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal ini menambahkan kegiatan RTLH telah mampu merenovasi rumah masyarakat dengan anggaran yang sangat minim namun berkualitas. Keberadaan rumah hasil renovasi yang dilakukan tersebut, akan menjamin penghuninya mendapatkan fasilitas hidup yang layak.

"Saya senang dan gembira program RTLH ini telah selesai dengan anggaran yang minim antara Rp5-10 juta bisa terbangun rumah layak huni bagi masyarakat pesisir," tegas pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.

Menurutnya, program seperti ini harus ditingkatkan dengan dukungan anggaran serta pembiayaan yang melibatkan kerja sama semua pihak. Gus Ipul mengakui, banyak masyarakat wilayah pesisir dan kepulauan yang membutuhkan dukungan dan fasilitas untuk merenovasi rumahnya.

Gus Ipul memandang, bahwa setelah program RTLH dilakukan dan hasilnya nyata memberi manfaat bagi masyarakat, Pemprov Jatim harus menyiapkan tempat atau sarana untuk menambahkan kesejahteraan masyarakat melalui pembuatan kampung nelayan percontohan. (Wahyu/bus)