Sabtu, 24 Agustus 2019 | 18:30 WIB
Jatim Perkuat Kerjasama Dengan Australia Barat Melalui JWG
Sabtu, 4 Mei 2019 | 06:09 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak berdialog bersama para jajaran Konjen Australia di Hotel Majapahit Surabaya - [ist]

Skalanews - Pemerintah Provinsi Jatim bersama negara Australia Barat membentuk mekanisme Joint Working Group (JWG). Pertemuan JWG ini merupakan sarana media komunikasi untuk membahas pengembangan program kerjasama yang berkelanjutan.

"Hubungan kerjasama dalam skema sister province antara Jatim dengan Autralia Barat telah terjalin sejak tahun 1990. Oleh sebab itu kerjasama ini harus ditingkatkan agar lebih bermanfaat dan tepat sasaran," urai Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat ditemui di Surabaya, Jumat (3/5).

Lebih lanjut mantan bupati Trenggalek ini menyampaikan bahwa hasil dari JWG yang dilaksanakan di Perth pada Desember 2018 telah menghasilkan beberapa inisiatif program kegiatan. Program kegiatan tesebut yakni pembentukan Western Australia - East Java University Consortium (WAEJUC), yang didalamnya termasuk pengembangan bidang vokasi.

"Kerjasama WAEJUC ini diharapkan dapat mendukung program-program prioritas Jatim-Australia Barat. WAEJUC terdiri dari 10 PTN di Jatim dan 5 Universitas di Australia Barat," ujar Wagub Emil sembari mencontohkan perkembangan sekolah vokasional yang cukup maju di Malang yang memadukan konsep pendidikan vokasi dan seni.

Sementara itu, Menteri Australia Barat, David Templeman menyambut baik tawaran kerjasama yang disampaikan oleh Wagub Emil ini. Apalagi, kerjasama bilateral antara Jatim dan Australia Barat yang akan berusia 30 tahun pada 2020 nanti.

"Hubungan kerjasama kita sudah sangat lama dan mempunyai sejarah panjang, oleh sebab itu kerjasama ini harus terus diperkuat," ujarnya. (Wahyu/bus)