Senin, 20 Mei 2019 | 15:40 WIB
Ratu Adil Desak Bawaslu Usut Kecurangan Pemilu 2019
Kamis, 16 Mei 2019 | 02:34 WIB
Aksi Ratu Adil di Bawaslu Jatim yang tuntut usut kecurangan Pemilu 2019 - [ist]

Skalanews - Koordinator elemen Rakyat Bersatu Untuk Pemilu Jujur dan Adil (Ratu Adil) Jatim, Gus Sofi mendesak Bawaslu agar mengusut kecurangan yang terjadi dalam Pilpres 2019.

"Bawaslu harus menindaklajuti bukti-bukti yang kami bawa untuk mengusut kecurangan saat Pilpres dan menyatakan kalau Pemilu 2019 sarat kecurangan," ungkapnya di sela-sela aksi Ratu Adil di Bawaslu Jatim di Surabaya, Rabu (15/5).

Gus Sofi menambahkan beberapa kecurangan yang terjadi saat Pilpres 2019 sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum. "Mulai ditemukannya kotak kardus C1 yang tertukar dan angka-angka penghitungan yang penuh rekayasa. Ini membuktikan bahwa Pilpres sarat dengan kecurangan," terangnya.

Atas bukti-bukti kecurangan tersebut, Gus Sofi berharap agar dilakukan beberapa tindakan yang harus dilakukan Bawaslu diantaranya hentikan Situng KPU, audit investigasi KPU, bentuk TPF (Tim Pencari Fakta) kematian petugas Pemilu dan diskualifikasi Capres hasil Pemilu karena curang.

"Dan kami juga minta agar DPR RI membentuk pansus kecurangan Pemilu dan audit forensik DPT Pemilu yang penuh penggelembungan suara," tandasnya. (Wahyu/bus)