Jumat, 19 Juli 2019 | 11:17 WIB
Rawan Kekeringan, Pemprov Jatim Buat Sumur Bor dan Pipanisasi
Sabtu, 13 Juli 2019 | 05:36 WIB
Khofifah Indar Parawansa akan siapkan sumur bor berikut pipanisasinya untuk antisipasi musim kekeringan - [ist]

Skalanews - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyiapkan opsi pembuatan sumur bor dan pipanisasi dalam rangka mengatasi kekeringan yang terjadi di wilayah Jatim, khususnya di Kabupaten Bondowoso.

Menurutnya, sumur bor maupun pipanisasi merupakan opsi strategis untuk penanganan pemenuhan kebutuhan air agar lebih permanen.

"Opsi menyiapkan sumur bor dan pipanisasi cukup strategis, apalagi di wilayah ini saat musim hujan juga mengalami kesulitan air bersih," ujar Khofifah di Surabaya, Jumat (12/7).

Untuk itu, Khofifah menambahkan memberikan bantuan sebanyak 7 tangki air bersih dan 120 buah jerigen serta 30 tandon air.

Namun demkian, bantuan tersebut sifatnya tidak permanen. Dicontohkan, penyerahan tandon misalnya adalah supaya masyarakat bisa mengantisipasi saat membutuhkan air. Sedangkan, jerigen untuk mempermudah membawa air ke rumah masing- masing.

"Selain sumur bor, juga akan dilakukan exercise terkait penyiapan pipanisasi meskipun jarak sumber airnya dari lokasi agak jauh," ungkap gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Sebagai bentuk gerak cepat, Khofifah meminta pihak Pemkab Bondowoso segera berkoordinasi dengan Pemprov Jatim agar segera dapat direncanakan dalam program pemprov.

"Saya berharap besok sudah ada utusan dari Pemkab Bondowoso ke Pemprov Jatim utamanya pak Sekda dan Bappeda untuk membuat pemetaan dan pengerangkaan kebutuhan terkait rencana ini," tukas Khofifah. (Wahyu/bus)