Sabtu, 18 Januari 2020 | 02:39 WIB
Beri Kesejahteraan Pesantren, Pemprov Jatim Luncurkan Aplikasi OPOP
Jumat, 9 Agustus 2019 | 04:26 WIB
Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak - [ist]

Skalanews - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan program yang bertujuan pendorong perekonomian yang disebut dengan One Pesantren One Product (OPOP).

Program yang sudah lama digadang-gadang oleh Khofifah ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat berbasis Pondok Pesantren melalui pemberdayaan santri, pesantren dan masyarakat sekitar pesantren.

"Harapannya program OPOP bisa mendorong kemandirian santri selepas dari pesantren. Ini cukup lama kita siapkan. Bahkan saya dan Pak Emil (Wagub Jatim, red) saat proses kampanye kemarin sering menyampaikan terkait OPOP bisa kita wujudkan di pesantren-pesantren di Jawa Timur," kata Khofifah di Surabaya, Kamis (8/8/2019).

Khofifah menambahkan sebelum resmi diluncurkan Pemprov Jatim sudah lebih dulu membangun ekosistemnya. Penyiapan ekosistem pengembangan produk unggulan di kawasan pesantren ini dibantu oleh perguruan tinggi Universitas NU Surabaya (Unusa).

Melalui program ini, sambung Khofifah nantinya akan didorong bagaimana setiap pesantren yang berjumlah ribuan di Jawa Timur bisa memiliki produk unggulan. Yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memberdayakan ekonomi santri, menjadi penguatan ekonomi pesantren dan membantu peningkatan kesejahateraan masyarakat di sekitar pesantren. (wahyu/bus)