Senin, 18 November 2019 | 11:23 WIB
Susun Silabus dan RPP Guru, Pemprov Jatim Usul Manfaatkan Aplikasi
Sabtu, 9 November 2019 | 05:09 WIB
Hudiyono usulkan ke Kemdikbud untuk manfatkan aplikasi dalam menyusun silabus dan RPP guru - [ist]

Skalanews - Pemprov Jatim mengusulkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) agar menggunakan aplikasi dalam menyusun silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) guru.

"Usulan tersebut berasal dari masukan Komisi E DPRD Jatim dimana aplikasi digunakan untuk mengurangi beban administrasi guru," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Jatim Hudiyono saat dikonfirmasi di Grahadi Surabaya, Jumat (8/11/2019).

Mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi (Dikmenjur dan Perti) Dindik Jatim ini mengatakan dengan menggunakan aplikasi akan mempermudah guru dalam menyusun bahan ajar.

"Bahan ajar menggunakan aplikasi tidak akan mengganggu aktifitas kegiatan mengajar," ungkap pria yang juga Kepala Biro Kessos Pemprov Jatim ini.

Diterangkan oleh Hudiyono, dengan menggunakan aplikasi proses ajar terhadap siswa di sekolah sudah bisa tertata dengan baik dalam memberikan pembelajaran pada siswa di dalam kelas.

"Saya mencontohkan dengan menggunakan aplikasi, langsung guru sudah mengetahui terlebih dahulu apa yang diajarkan kepada siswa. Misalnya hari ini ingin mengajari siswa tentang aljabar. Maka dengan aplikasi tersebut pelajaran sudah tertata untuk diterangkan ke siswa. Kalau tidak ditata begitu, maka guru akan bingung pelajaran apa yang harus diberikan kepada siswa," jelasnya. (Wahyu/bus)