Sabtu, 22 Februari 2020 | 17:05 WIB
Golkar Wajibkan Cakada Gelar Survei Elektabilitas
Selasa, 21 Januari 2020 | 02:47 WIB
Sahat Tua Siamnjuntak - [ist]

Skalanews - Partai Golkar melibatkan 10 lembaga survei untuk melakukan survei para calon kepala daerah (Cakada) yang akan diusung oleh Partai Golkar di Pilkada serentak 2020.

Sekretaris DPD Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak mengatakan seusai keputusan Munas Golkar beberapa waktu lalu, saat ini dilakukan penjaringan di seluruh kabupaten/kota yang menggelar Pilkada.

"Saat penjaringan sudah dibuka, saat ini sudah masuk fase setiap Cakada wajib melakukan survei elektabilitas terhadap bakal calon yang akan diusung dan didukung partai Golkar," ujar Sahat di kantornya Surabaya, Senin (20/1/2020).

Pria yang juga wakil ketua DPRD Jatim ini menambahkan survei tersebut, nantinya dibiayai sendiri oleh bakal calon kepala daerah. "Partai tak punya anggaran untuk melakukan survei, sehingga bakal calon yang melakukannya sendiri," sambungnya.

Diterangkan oleh Sahat, partai Golkar tak membatasi jumlah bakal calon masing-masing daerah untuk melakukan penjaringan.

"Silakan jika ada bakal calon lebih yang mendaftar. Tak ada pembatasan. Berapapun harus diterima," jelasnya.

Untuk lembaga survey ini, kata Sahat, DPP Partai Golkar merekomendasikan 10 lembaga survei yang bisa dijadikan partnership untuk melakukan survei bakal calon kepala daerah.

"Kami hanya merekomendasikan lembaga survei yang layak digunakan bakal calon kepala daerah untuk mensurvei popularitasnya di daerah," tandasnya. (wahyu/bus)