Sabtu, 22 Februari 2020 | 16:40 WIB
Demokrat Jatim Resmi Buka Penjaringan Cakada di 19 Daerah
Selasa, 21 Januari 2020 | 03:57 WIB
Renville Antonio - [ist]

Skalanews - DPD Demokrat Jatim secara resmi membuka pendaftaran penjaringan kepala daerah di 19 pilkada di Jatim.

"Juklak (petunjuk pelaksanaan) dari DPP sudah keluar sehingga dalam seminggu ke depan di masing-masing DPC yang ada pilkadanya sudah membuka penjaringan," ungkap plt. Ketua DPD Demokrat Jatim Renville Antonio di kantornya, Surabaya, Senin (20/1/2020).

Renville menambahkan tim penjaringan akan melakukan mekanisme penjaringan yaitu mulai pendaftaran, melakukan seleksi hingga seleksi kompetensi.

"Semuanya didasari asas keterbukaan, independen dan akuntabel. Tim penjaringan harus melaksanakan dengan baik," lanjutnya.

Kemudian, kata Renville, hasil survei merupakan pegangan dari DPD Demokrat Jatim.

"Setelah penjaringan, tim penjaringan beserta DPC ke DPD Demokrat melakukan pemaparan dan meyakinkan DPD Demokrat Jatim bakal calon kepala daerah yang diusung untuk memenangkan pilkada. Juga harus ada pemaparan juga strateginya dalam memenangkan pilkada. Nantinya akan ada diskusi keras di sana," terang mantan wakil ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

Renville menjelaskan setelah ditingkat DPD Demokrat Jatim, maka oleh DPD dibawa ke tingkat DPP Partai Demokrat.

"Nantinya akan dikeluarkan dua surat. Yang pertama surat penugasan dimana bagi kader internal diberi keleluasaan untuk mencari wakil kepala daerah dan partai koalisi," terangnya.

Jika calon kepala daerah (Cakada) tersebut tak memenuhi sarat tersebut, kata Renville, DPP Partai Demokrat berhak mencabut surat rekomendasi tersebut.

"Namun jika berhasil, maka DPP Partai Demokrat mengeluarkan rekomendasi dan dalam rekomendasi tersebut sudah berisikan keputusan mengusung calon kepala daerah bersama wakilnya," tutupnya. (Wahyu/bus)