Kamis, 2 April 2020 | 14:21 WIB
Kartu Prakerja Segera Diluncurkan, Khofifah Yakin Bisa Kurangi Pengangguran
Minggu, 9 Februari 2020 | 03:18 WIB
Khofifah Indar Parawansa - [ist]

Skalanews - Pemerintah dalam waktu dekat akan segera meluncurkan kartu Prakerja. Di Jatim kartu ini diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran di Jatim.

Gubernur Khofifah mengatakan dirinya berharap bisa mengurangi pengangguran di Jatim. Angkatan kerja baru di Jatim rata-rata 800 ribu per tahun.  Sedangkan ada sebanyak 357.553 orang  berdasarkan data Dinas Pendidikan Tahun 2019 merupakan Lulusan SMA, SMK, Madrasah Aliyah.

"Itulah yang sedang kita konsolidasikan agar nyekrup antara angkatan ketja, skill dan kebutuhan pasar," katanya di Surabaya, Sabtu (8/2).

Pada kesempatan yang sama, Mantan Mensos di era Presiden Jokowi itu meminta Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak bisa mengkoordinasikan Kartu Prakerja Berbasis Digital IT bisa berseiring  dengan Millennial Job Center (MJC).

"Jadi dari MJC, proses sertifikasinya, proses magangnya pendekatannya bisa dua. Train and Place atau Place and Train. Kalau train and place itu ditrainning dulu baru kemudian dimagangkan.  Sedangkan place and train itu magang dulu baru ditraining. Jadi dua ini sedang diexercise mana yang efektif untuk bidang apa," jelasnya.

Selain itu, di  beberapa SMK di Jatim juga mempunyai teaching factory. Tetapi perlu diverifikasi ulang mengenai total dan gradenya. Untuk grade A dari teaching factory tersebut menjadi prioritas untuk bisa masuk format Kartu Prakerja yang berbasis digital IT dalam koordinasi Kemenko Perekonomian.

"Kartu Prakerja ini dicoba untuk dikombinasikan dengan Teaching Factory yang ada di SMK, SMA Double Track, MA Double Track," jelasnya.(Wahyu/dbs)


  
  
TERPOPULER
Index +