Minggu, 23 Februari 2020 | 17:18 WIB
Dua Hari Ini, Harga Bawang Putih Bertahan Rp60 Ribu Perkilo
Jumat, 14 Februari 2020 | 14:13 WIB
Bawang putih - [ist]

Skalanews - Dua hari ini, sejumlah pedagang pasar di Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sampang serempak menjual bawang putih pada harga Rp60 ribu perkilo.

Kenaikan bahan penyedap masakan itu bahkan mulai dirasakan sejak pekan lalu dengan harga dalam kisaran Rp 30 ribu-Rp50 ribu perkilo.

Kenaikan harga bawang putih ini banyak dikeluhkan pedagang makanan. Seperti Mbah Kholifah (70), warga Kelurahan Parteker, Kabupaten Pamekasan.

"Naiknya sejak pekan lalu dik. Naik dari Rp 30 ribu dan terus naik ke Rp 50 ribu dan dua hari ini menyentuh Rp 60 ribu perkilonya. Sebelum naik, bawang putih cuma dijual Rp 28 ribu perkilo," tutur nenek 7 cucu itu, Jumat (14/2).

Menurut Mbah Kolifah, patokan harga itu dipakai pedagang di Pasar Kolpajung, Pasar, Tujuhbelas, dan Pasar Menggungan.

"Meski harga naik, tapi saya tetap beli. Cuma takarannya yang saya kurangi. Jika sebelum naik saya belanja 3 kilo, sekarang cuma sekilo," imbuh Mbah Kholifah.

Terpisah, Kabid Perdagangan Disperindag Pamekasan, ST Abdiyati Muradi, membenarkan adanya kenaikan harga bawang di wilayah kerjanya.

"Komoditas bawang putih naik, lantaran adanya pengurangan pasokan dari pedagang besar di Surabaya. Jajaran kami berencana menggelar pasar murah bawang putih dalam waktu dekat," terangnya.

Sampang
Kenaikan harga bawang putih juga dirasakan pedagang dan konsumen di Kabupaten Sampang. Dari data tim monitoring Disperindag di pasar tradisonal Sampang, harga bawang putih kini mencapai Rp 60.000 perkilogram, harga sebelumnya hanya Rp 28.000 per kilogramnya.

Kasi Informasi Perdagangan Disperindag Sampang, Busar Wibisono mengatakan kenaikan terjadi karena bawang putih impor dari China dan India belum datang, sehingga menyebabkan stok di pasaran menipis hingga membuat harganya melonjak signifikan.

"Meski stok menipis, tidak menyebabkan stok bawang putih habis di pasaran," kata Busar.

Busar menambahkan selain harga bawang putih, telur harganya juga mengalami kenaikan dari Rp 21.000 menjadi Rp 24.000 perkilogramnya, sementara cabai rawit harganya Rp 65 ribu perkilogramnya. (Arif Purba/Bus)