Selasa, 21 Mei 2019 | 08:08 WIB
Siang Hari, Sebagian Jakarta akan Diguyur Hujan
Senin, 21 Mei 2018 | 08:36 WIB
ilustrasi -

Skalanews - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah DKI Jakarta cerah berawan pada Senin pagi dan malam harinya.

BMKG dalam prakiraan cuaca yang dirilis Senin (21/5), menyebutkan sebagian besar wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan pada pagi dan malam hari, baik Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur serta Kepulauan Seribu.

Sementara pada siang hari, hujan ringan diperkirakan mengguyur wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, sementara wilayah lainnya cerah berawan.

Untuk suhu udara, BMKG memprakirakan berada pada kisaran 23-33 derajat celcius dan kelembaban udara pada rentang 65-100 persen.

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap hujan lebat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Menurut dia, kejadian cuaca ekstrem akhir-akhir ini di beberapa daerah seperti hujan lebat disertai angin kencang di Tuban, Bogor, dan Sukabumi serta banjir di Aceh Utara pada awal musim kemarau dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di sekitar Samudra Hindia perairan barat Sumatera dan sirkulasi siklonik di Selat Karimata serta indikasi aktifnya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia sebelah barat Sumatera yang masuk ke wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

"Hal tersebut memberikan pengaruh terhadap pola cuaca dalam meningkatkan suplai uap air yang berkontribusi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah," kata Prabowo pada siaran persnya dalam laman BMKG itu. (bus/antara)