Minggu, 26 Januari 2020 | 13:16 WIB
Anies: FKLMK Jadi Pengerak Masyarakat Dalam Pembangunan
Kamis, 25 Juli 2019 | 01:26 WIB
-

Skalanews - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Bawedan berharap Forum Komunikasi Lembaga Musyawarah Kelurahan (FKLMK) sewilayah Jakarta dapat menjadi penggerak  pembangunan ibu kota.

"FKLMK berada di ujung depan yang berinteraksi langsung dengan warga, dipercaya oleh warga untuk menjadi jembatan serta mengatur komunikasi dan interaksi. Kami ingin Jakarta itu dibangun sama-sama, berkolaborasi," kata Anies dalam  acara silaturahmi dan halal bihalal FKLMK se-Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/7).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta kalau  ada program-program yang perlu dikerjakan bersama masyarakat,  FKLMK bisa menjadi jembatan untuk menyampaikannya kepada masyarakat.

"Pada satu sisi menyampaikan informasi program pembangunan ke masyarakat, sedangkan di sisi lain harus bisa menyampaikan kepada pemerintah apa yang menjadi harapan, aspirasi, dan masalah yang dihadapi oleh warga," katanya.

Anies menambahkan FKLMK  merupakan representasi dari warga masyarakat di tingkat kelurahan. Untuk itu diharapkan bisa memahami berbagai permasalahan yang berada di lingkungannya.

Melalui upaya pemberdayaan masyarakat yang berada di tingkat Kelurahan, diharapkan FKLMK dapat memfasilitasi dan mendorong masyarakat agar mampu menempatkan diri secara proporsional dan menjadi pelaku utama dalam memanfaatkan lingkungan strategisnya untuk mencapai tujuan pemberdayaan jangka panjang di Ibu Kota Jakarta.

"Kami percaya membangun itu dengan pendekatan gerakan. Itu melibatkan semua (masyarakat). Karena pekerjaan rumah kita banyak, itu tidak bisa dari tangan pemerintah saja," kata Gubernur.

"Tanggung jawab yang terpenting menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga. Jakarta tantangannya banyak, tapi peluangnya juga banyak," ujar Anies.

"Kita bisa melakukan banyak hal bersama-sama. Jadi, nanti saya ingin kita duduk bersama bicara tentang agenda yang bisa dikerjakan bersama,” tambah Anies.(ant/dbs)