Minggu, 23 Februari 2020 | 18:23 WIB
Cuaca di Jakarta Ekstrem, Anies Siagakan Jajaran
Minggu, 9 Februari 2020 | 14:17 WIB
Anies Baswedan - [ist]

Skalanews - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan telah menyiagakan seluruh jajarannya untuk menghadapi cuaca ekstrem di Jakarta.

Hal itu menyusul curah hujan di Jakarta yang kemarin diketahui mencapai 244 milimeter (mm) alias hujan ekstrem. Curah hujan disebut lebat berada di angka 50-100 mm dan di atas angka 100 -150 mm disebut sangat lebat.

"Kita menyiagakan seluruh jajaran kita terkait pengendalian air hujan dan di tempat-tempat yang terjadi hujan intensif. Kita siagakan semua infrastruktur baik petugas maupun alat untuk memastikan bisa dikendalikan dengan baik," kata Anies di Jalan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2).

Disambung Anies, pihaknya juga sudah bersiaga memantau air dari Bendung Katulampa.

"Mulai jam 10 malam kita sudah mulai siaga hari Jumat malam kamarin, karena kita menyaksikan di Bendung Katulampa sudah mengalami peningkatan status kesiagaan. Alhamdulillah kemarin sudah sampai puncaknya dan lewat hingga terkendali dengan baik," ucapnya.

Selanjutnya, untuk mengatasi genangan akibat curah hujan, Pemprov DKI Jakarta juga menyiagakan pompa air di beberapa titik.

"Ya terutama kalau hujan itu di tempat-tempat yang belum tentu ada saluran air. Jadi tempat-tempat yang mengalami curah hujan itu tempat-tempat yang belum tentu ada aliran sungai," pungkasnya. (Frida Astuti/Bus)